Translate

Selasa, 11 Maret 2014


Gambar. Struktur Fungsi Kurikulum
G
M
K
I
J
C

B
L
D
E
F
H

A
  Keterangan:
1.      Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
A.  Fungsi Penyesuaian.
2.      Fungsi kurikulum bagi sekolah.
B.  Fungsi Integrasi
3.      Fungsi kurikulum bagi sekolah di atasnya.
C.  Fungsi Diferensiasi
4.      Fungsi kurikulum bagi seorang guru.
D.  Fungsi Persiapan.
5.      Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah.
E.   Fungsi Pemilihan.
6.     Fungsi kurikulum bagi pengawas (supervisor).
F.   Fungsi Diagnostik.
7.      Fungsi kurikulum bagi masyarakat.





JAWABAN:
1.     Apa Yang Dimaksud Lingkaran X?
·         Fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
·         Kurikulum merupakan sesuatu yang diidentifikasikan atau dicita-citakan oleh lembaga pendidikan dan masyarakat, sebab kurikulum memiliki fungsi yang sangat vital bagi pembentukan keahlian, ketrampilan dan karakter manusia.
2.     Jelaskan Fungsi Kurikulum Dari Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 ?
Kurikulum dalam pendidikan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
1.      Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
Fungsi kurikulum dalam pendidikan tidak lain merupakan alat untuk mencapai tujuan pendididkan. Dalam hal ini, alat untuk menempa manusia yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak akan sama karena setiap bangsa dan Negara mempunyai filsafat dan tujuan pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama, idiologi, kebudayaan, maupun kebutuhan Negara itu sendiri.
dengan demikian, dinegara kita tidak sama dengan Negara-negara lain, untuk itu, maka:
·         Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
·         Kuriulum merupakan program yang harus dilaksanakan oleh guru dan murid dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan-tujuan itu.
·         kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
2.   Fungsi Kurikulum Bagi Sekolah yang Bersangkutan
Kurikulum Bagi Sekolah yang Bersangkutan mempunyai fungsi sebagai berikut:
·         Sebagai alat mencapai tujuan pendidikan yang di inginkan.
·         Sebagai pedoman mengatur segala kegiatan sehari-hari di sekolah tersebut,
fungsi ini meliputi:

a. Jenis program pendidikan yang harus dilaksanakan.
b. Cara menyelenggarakan setiap jenis program pendidikan.
c. Orang yang bertanggung jawab dan melaksanakan program pendidikan.
3.   Fungsi kurikulum bagi sekolah yang ada di atasnya
·      Fungsi Kesinambungan
Sekolah pada tingkat atasnya harus mengetahui kurikulum yang dipergunakan pada tingkat bawahnya sehingga dapat menyesuaikan kurikulm yang diselenggarakannya.
·         Fungsi Persiapan Tenaga
Bilamana sekolah tertentu diberi wewenang mempersiapkan tenaga guru bagi sekolah yang memerlukan tenaga guru tadi, baik mengenai isi, organisasi, maupun cara mengajar.
4.  Fungsi Kurikulum Bagi seorang Guru
Guru tidak hanya berfungsi sebagai pelaksana kurikulum sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tetapi juga sebagai pengembanga kurikulum dalam rangaka pelaksanaan kurikulum tersebut.
5.  Fungsi Kurikulum Bagi Kepala Sekolah
Bagi kepala sekolah, kurikulum merupakan barometer atau alat pengukur keberhasilan program pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan mengontrol, apakah kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan itu berpijak pada kurikulum yang berlaku.
6.  Fungsi Kurikulum Bagi Pengawas (supervisor)
Bagi para pengawas, fungsi kurikulum dapat dijadikan sebagai pedoman, patokan, atau ukuran dan menetapkan bagaimana yang memerlukan penyempurnaan atau perbaikan dalam usaha pelaksanaan kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan.
7.      Fungsi Kurikulum Bagi Masyarakat
Melalui kurikulum sekolah yang bersangkutan, masyarakat bisa mengetahui apakah pengetahuan, sikap, dan nilai serta keterampilan yang dibutuhkannya relevan atau tidak dengan kurikulum suatu sekolah.





3.     Jelaskan Fungsi Kurikulum Dari A,B,C,D,E,F?
Berkaitan dengan fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek didik, terdapat enam fungsi kurikulum, yaitu :
A.    Fungsi Penyesuaian
Fungsi penyesuaian mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted yang mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan social. Lingkungan itu sendiri senantiasa mengalami perubahan dan bersifat dinamis. Oleh karena itu, siswa pun harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungannya.
B.     Fungsi Integrasi
Fungsi integrasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh. Siswa pada dasarnya merupakan anggota dan bagian integral dari masyarakat. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kepribadian yang dibutuhkan untuk dapat hidup dan berintegrasi dengan masyarakatnya.
C.    Fungsi Diferensiasi
Fungsi diferensiasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa. Setiap siswa memiliki  perbedaan, baik dari aspek fisik maupun psikis yang harus dihargai dan dilayani dengan baik.
D.    Fungsi Persiapan
Fungsi persiapan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, kurikulum juga diharapkan dapat mempersiapkan siswa untuk dapat hidup dalam masyarakat seandainya sesuatu hal, tidak dapat melanjutkan pendidikannya.
E.     Fungsi Pemilihan
Fungsi pemilihan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membarikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemapuan dan minatnya. Fungsi pemilihan ini sangat erat hubungannya dengan fungsi diferensiasi, karena pengakuan atas adanya perbedaan individual siswa berarti pula diberinya kesempatan bagi siswa tersebut untuk memilih apa yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Untuk mewujudkan kedua fungsi tersebut, kurikulum perlu disusun secara lebih luas dan bersifat fleksibel.
F.     Fungsi Diagnostik
Fungsi diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya. Apabila siswa sudah mampu memahami kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan yang ada pada dirinya, maka diharapkan siswa dapat mengambangkan sendiri kekuatan yang dimilikinya atau memperbaiki kelemahan-kelemahannya.
4.     Coba Jelaskan Antara 1 Dengan A, 2 Dengan B, 3 Dengan C, 4 Dengan D, 5 Dengan E, 6 Dengan F ?
A.    Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dengan Fungsi Penyesuaian ?
Kedua fungsi ini sama-sama mengandung makna sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted yang mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
B.     Fungsi Kurikulum Bagi Sekolah yang Bersangkutan dengan Fungsi Integrasi ?
Kedua fungsi ini memiliki makna sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, pedoman untuk mengatur segala kegiatan sehari-hari di sekolah sehingga mampu menghasilkan siswa yang memiliki kepribadian yang utuh. Karena pada dasarnya siswa merupakan anggota dan bagian integral dari masyarakat. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kepribadian yang dibutuhkan untuk dapat hidup dan berintegrasi dengan masyarakatnya.
C.    Fungsi kurikulum bagi sekolah yang ada di atasnya dengan Fungsi Diferensiasi ?
Fungsi ini bermakna bahwa sekoah tingkat atas harus mengetahui kurikulum apa yang digunakan pada sekolah yang ada di bawahnya, dapat mempersiapkan tenaga guru dan mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa. Setiap siswa memiliki  perbedaan, baik dari aspek fisik maupun psikis yang harus dihargai dan dilayani dengan baik.


D.    Fungsi Kurikulum Bagi seorang Guru dengan Fungsi Persiapan ?
Guru tidak hanya berfungsi sebagai pelaksana kurikulum sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tetapi juga sebagai pengembanga kurikulum dalam rangaka pelaksanaan kurikulum tersebut dan guru juga dapat mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, kurikulum juga diharapkan dapat mempersiapkan siswa untuk dapat hidup dalam masyarakat seandainya sesuatu hal, tidak dapat melanjutkan pendidikannya.
E.     Fungsi Kurikulum Bagi Kepala Sekolah dengan Fungsi Pemilihan ?
Bagi kepala sekolah, kurikulum merupakan barometer atau alat pengukur keberhasilan program pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan mengontrol, apakah kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan itu berpijak pada kurikulum yang berlaku. Fungsi pemilihan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membarikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemapuan dan minatnya.
F.     Fungsi Kurikulum Bagi Pengawas (supervisor) dengan Fungsi Diagnostik ?
Bagi para pengawas, fungsi kurikulum dapat dijadikan sebagai pedoman, patokan, atau ukuran dan menetapkan bagaimana yang memerlukan penyempurnaan atau perbaikan dalam usaha pelaksanaan kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan. Fungsi diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar